Memahami Pengertian Dari Anggaran Beserta Jenis, Tujuan Dan Manfaatnya

  • b2bb 

Pembahasan kali ini mengenai materi anggaran perusahan. Sebelum jauh membahas anggaran perusahaan mari memhami pengertian anggaran terlebih dahulu. Pengertian anggaran secara umum adalah alat bantu untuk manajemen guna menjalankan fungsinya dalam perencanaan dan pengendalian. Nilai anggaran tergantung pada perencanaan dan pengendalian anggaran itu sendiri.

Jika terjadi penyimpangan pelaksanaan anggaran karenan tingginya penetapan makan butuh cara untuk mengendalikan dengan cara meninjau lagi hasil penetapan anggaran sebelumnya sehingga saat pelaksanaan bisa terwujud dengan baik dan bisa menjadi masukan untuk perusahaan untuk melaksanakan perencanaan dan pengendalian anggaran jadi pada saat periode yang akan datang bisa dijadikan perbaikan positif.

Definisi angaran lebih jelasnya yaitu rencana kerja telah disususn dengan teliti dan didasari dari pengalaman dimasa lalu dan ramalan masa depan. Dan sangat teliti dan rinci anggaran itu sehingga merupakan petunjuk untuk staff dalam pelakanaan pekerjaan tertentu. Berikut pengertian anggaran menurut para ahli.

Pengertian Anggaran Menurut Para Ahli

  • Menurut munandar

Pengertian anggaran adalah rencana tertentu yang sudah disusun dengan sistematis mengenai semua kegiatan perusahaan yang dinyatakan dalam unit atau kesatuan moneter dan berlaku dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Anggaran adalah alat untuk perencaan dan pengendalian keuangan perusahaan dan untuk penyusunannya dilakukan dengan periodik.

  • Menurut nafarin

Pengertian anggaran adalah rencana kuantitatif periodic yagn disusun dengan dasar program yang sudah disahkan atau ditetapkan. Anggaran merupakan rencana tertulis tentang kegiatan perusahaan atau organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif untuk jangka waktu yang sudah ditentukan dan biasanya dicantumkan dalam satuan uang tapi bisa jugala dalam satuan barang bahkan jasa.

  • Menurut garrison dan noreen

Pengertian anggaran adalah rencana yang lengkap mengenai pendapatan dan pemakainan sumber daya keuangan dan bersumber daya lainnya untuk periode tertentu.

Jenis Anggaran

Jenis-jenis anggaran dibagi menjadi dua anggaran operasional dan keuangan, berikut penjelasan mengenai jenis jenis anggaran yaitu :

  • Anggaran operasional

Anggran operasional adalah rencana kerja perusahaan mengenai semua kegiatan utama perusahaan untuk memperoleh pendapatan dalam periode yang sudah ditentukan. Jenis jenis anggaran operasional sebagai berikut :

  1. Anggran pendapatan. Anggaran dibuat berdasarkan jenis produk, wilayah pemasaran, dan kelompok konsumen. Daalm anggaran ini biasanya mengandung ramalan mengenai berapa kodisi tertentu yang ada di luar kendali manajemen penjualan.
  2. Angaran biaya. Anggaran yang dibedakan jadi anggaran biaya terukur dan anggaran biaya diskresioner. Anggaran biaya terukur dibuat untuk mengukur efisiensi dan manajer operasional yang memiliki tanggung jawab untuk tercapainya sasaran yang sudah ditetapkan. Sedangkan anggaran biaya diskresioner adalah anggaran yang tidak dibuat untuk mengukur efisiensi dan penyusunan anggran bertanggung jawab tapi utuk membelanjakan jumlah yang sudah ditetapkan.
  3. Anggaran biaya bahan baku. Anggaran tentang taksiran bahan baku yang diperlukan untuk proses produksi, yang dinyatakan dalam bentuk satuan uang dan kuantitas bahan baku. Selanjutnya dari anggaran dapat diketahui pembeliann bahan baku yang sudah dianggarkan kemudian dipakai untuk dasar penyusunan anggaran kas dan rugi-laba.
  4. Anggaran keuangan

Pengertian anggaran keuangan adalah anggaran yang berhubungan dengan rencana pendukung kegiatan operasi perusahaan. Ada jenis-jenis anggaran keuangan yaitu :

  1. Anggaran investasi. Anggaran yang yang merencanakan perusahaan untuk membeli barang modal atau barang yang dapat dipakai untuk menghasilkan produk perusahaan di masa depan.
  2. Anggraran kas. Rencana kegiatan penerimaan dan pengerluaran kas perusahan dalam periode tertentu.
  3. Proyeksi neraca. Kondisi keuangan yag diinginkanperusahaan dalam periode tertentu di masa depan.

Fungsi Anggaran dalam Perusahaan

Anggaran mempunyai beberapa fungsi dalam perusahaan atau organisasi, berikut fungsi anggaran :

  • Fungsi pelaksanaan

Anggaran adalah salah satu yang dijadikan pedoman pelaksanaan pekerjaan tertentu, jadi pekerjaan itu bisa dilaksanakan dengan bik dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Maka dari itu anggran penting dalam hal menggabungkan atau mengkoordinasi setiap kegiatan.

  • Fungsi perencanaan

Anggaran memberi gambaran yag jelas dalam masalah unit dan uang perusahaan atau organisasi tertentu. Contoh pada tahun 2025 perusahaan memiliki rencana memperoleh laba sangat tinggi, rencana yang dirumuskan setingi ini tidak jelas konteksnya. Karena laba yang di dapat perusahaan setinggi apapun akan berbeda.

Untuk penyusunannya anggaran besarnya laba di rumuskan dengan nyata dan teliti dinyatakan dengan bentuk kualitatif.
https://www.gurupendidikan.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *